Penerimaan Peserta Didik Baru SMA AL MUTTAQIN 2016

PANDUAN (PPDB)

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

SMA AL MUTTAQIN FULLDAY SCHOOL

TAHUN PELAJARAN 2015-2016

 

  1. PENDAHULUAN

Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah (BAS/M) Provinsi Jawa Barat telah menilai dan menetapkan SMA Al Muttaqin Fullday School sebagai sekolah dengan predikat akreditasi “A” kriteria sebagai sekolah Amat Baik dengan nilai 98,76. Nilai akreditasi SMA Al Muttaqin Fullday School merupakan salah satu yang tertinggi di Jawa Barat, sejajar dengan sejumlah sekolah unggulan lainnya di Jawa Barat.

 

Predikat tersebut seiring dengan prestasi lulusan SMA Al Muttaqin Fullday School yang diterima di perguruan tinggi negeri unggulan nasional melalui jalur prestasi SNMPTN dan SBMPTN Tulis seperti UI, UGM, ITB, ITS, UPI, IPB, UNPAD, dll, serta raihan kejuaran lomba, baik akademik maupun nonakademik mulai tingkat lokal, regional, hingga nasional.

 

Prestasi lulusan tersebut  sejalan dengan visi sekolah yang sejak awal pendirian, SMA Al Muttaqin Fullday School telah menetapkan visi menjadi sekolah yang unggul dan terdepan di Jawa Barat dalam prestasi akademik dan nonakademik serta dalam keimanan dan ketakwaan sehingga lulusannya diterima pada perguruan tinggi unggulan dan hidup di masyarakat dengan akhlakul karimah.

 

Guna mewujudkan visi tersebut, SMA Al Muttaqin Fullday School telah menetapkan misi, yakni

  • Menyiapkan calon pemimpin umat-bangsa masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi iman dan takwa dan kuat;
  • Menyelenggarakan pendidikan menengah umum secara profesional, kreatif, inovatif, dan kompetitif agar proses pembelajaran berlangsung efektif dan produktif untuk meraih prestasi belajar yang memuaskan;
  • Menciptakan lingkungan belajar yang religius melalui penegakan keteladanan dan pembiasaan dalam pengamalan prilaku salih.

 

Untuk mencapai visi dan misi SMA Al Muttaqin, telah ditetapkan acuan kriteria keberhasilan peserta didik, yakni

  1. Memiliki prestasi akademik nonakademik
  2. Diterima di perguruan tinggi unggulan
  3. Memiliki dasar-dasar keilmuan sains dan teknologi
  4. Memiliki akhlakul karimah.

Pada tahun pelajaran 2015-2016, SMA Al Muttaqin telah menerapkan kurikulum 2013. Hal ini dilakukan untuk menguatkan implementasi visi sekolah melalui penguatan model dan orientasi KBM yang lebih maksimal.

Guna mewujudkan visi dan misi tersebut, serta pengukuhan komitmen penyelenggaraan pendidikan berkualitas, pada tahun   pelajaran 2015-2016  SMA Al Muttaqin Fullday School menerima peserta didik baru melalui  PPDB (Program Penerimaan Peserta Didik Baru).

 

  1. TUJUAN

Tujuan seleksi peserta didik baru SMA Al Muttaqin

  1. Adanya input peserta didik yang dapat memenuhi syarat sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh SMA Al Muttaqin Fullday School
  2. Mendapatkan input peserta didik yang kompeten, terampil dan berkualitas baik secara intelektual, emosional maupun spritual (IQ, EQ dan SQ).

 

Melalui seleksi peserta didik, diharapkan mampu meningkatkan kualitas out put (lulusan)  SMP/MTs melalui pendidikan pada jenjang menengah atas di SMA Al Muttaqin, sehingga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi berkualitas dengan dibekali keimanan dan ketakwaan yang kuat.

 

  1. JALUR PENERIMAAN

PPDB (Program Penerimaan Peserta Didik Baru) SMA Al Muttaqin Fullday School Kota Tasikmalaya terdiri dari dua jenis, yakni

(1) PPDB Penelusuran Bibit Unggul Sekolah (PBUS)

(2) PPDB Penelusuran Prestasi Kelas

(3) PPDB Tulis (Reguler).

PPDB Upload Depan OK 2016

PPDB Upload Belakang OK 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *