Unjuk Gigi AMQ di “Heroes Of Science” IPB

Gelar Pesta Sains Nasional yang digawangi oleh Perguruan Tinggi Terkemuka di Indonesia yaitu Institut Pertanian Bogor sudah digelar, SMA AL MUTTAQIN sebagai sekolah unggul di Kota Tasikmalaya mencoba untuk selalu menjawab tantangan yang diberikan oleh perguruan tinggi karena sesuai dengan visi dan misi sekolah SMA AL MUTTAQIN mencitpkan outcome yang berkualitas bagi perguruan tinggi, salah satu tolak ukur yang dimiliki oleh SMA AL MUTTAQIN yaitu mengikut sertakan peserta didiknya dalam ajang Pesta Sains Nasional, sekaligus untuk mengukur tingkat kompetisi antar pelajar se Indonesia.

“Hero Of Science”  merupakan tema yang diangkat dalam gelaran Pesta Sains Nasional tahun 2017 dengan maksud untuk meningkatkan minat pemuda Indonesia dalam mengembangkan ilmu sains di kehidupan sehari-hari, sedangkan tujuan dari dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai sains serta menumbuhkembangkan semangat dan motivasi peserta didik untuk selalu dapat berprestasi dan menjadi ajang kompetisi sains nasional sebagai bentuk apresiasi positif terhadap sains dan perkembangannya sehingga mampu meningkatkan kecintaan dan minat peserta didik terhadap sains dan penerapannya dalam kehidupan.

Pelaksanaan Pesta Sains Nasional itu sendiri dibawah koordinasi Badan Eksekutif Mahasiswa BEM FMIPA dan bekerjsama dengan delapan himpunan keprofesian digelar pada tanggal 18 s.d 19 November 2017 bertempat di Kampus IPB Dramga Bogor, dalam menghadapi Pesta Sains Nasional ini SMA AL MUTTAQIN mengikutsertakan berbagai Kompetisi Nasional diantaranya :

  1. Chemistry Challenge : Muhammad Restu Alfarisy, Wira Amalia F, Arshel Rianggara Yavasena, Idzni Hafilah, Avicenna
  2. CPSC : Gheral Naza Ghaniiy, Muhammad Syafiq
  3. KF – Kompetisi Fiisika : Fatimah Muthi Sakinah, Dirgam Dapa haidar Saparilla, Rizky Arafah, Lauhil mahfudz alipi, Fatimah Thursina An-NAHL, Royan Agist Ramadhan
  4. KOMSTAT JR – Kompetisi Statistika Jr : Haifa Lutfia, Maharani pratiwi putri, Yaneva Azahra Rahmatunisa, Muhamad Irsal sidik, Salsa Ulyani Rukanda Putri, Ghina Fathia, Marshanda Syaharani Putri, Alia Hanifatunnisa Nurkamal, Muhammad Zidan Fathurrahman, Oxa Putri Andini, Rina Raihana Zakiya, Rakha Muhammad Sya’ban, Taqiyya zahra nugraha, Devitha Sekar Putri Anandi, Rizki Aulia Rahman, Imam Sabilla
  5. LCTB – Lomba Cepat Tepat Biologi : Jembar Ripada, Muhammad Kharis Mahdaviqia, Yusri Candraningtyas, Alya Madyasari, Mochammad Daffa Fauzan, Ferdi Rizaldy, Muhammad Raihan Fathurrahman, Nabila Azmi Dewi Mulyadi, Risna Esa Salsabila, Luthfiyani Zahrah Alfairah, Syafiq Dzakwan Rehin, Salman Ramadan Nur Alam, Nabila Diandhari, Agung Rahmat Maulana, khoirunnisa indhi nurjannah, Rahmaulana Bayu Dewaruci, Raihan Naufal Supriadi, Kresna Nurfajri Setya Putra
  6. METRIK – Meteorologi Interaktif : Daffa Maulana Ridwan, Aditio Mulyo Harttawanto, WIZQI PARHAN GUPRONI, Rofiq Aripin, Daniel Tohari, Mohammad Solehudin
  7. MR – Matematika Ria : Dzikri Muhammad Fauzan
  8. SYRA – STEM Young Researcher Awards : Fitri Suryani, Dhea Annisa Jasmine

 

Persiapan Even tingkat nasional ini, SMA AL MUTTAQIN mempersiapnya program bimbingannya secara intensif dengan pembengkalan yang cukup matang waluapun waktu yang tersedia untuk pembinaan ini waktunya masih berbenturan dengan kegiatan belajar mengajar, namun peserta didik tidak patah semangat untuk selalu mengikuti pembinaan yang telah ditentukan, selain pembimbingan yang bersifat pengetahuan peserta didik juga di bekali secara mental dan spiritual.

Jelang pemberangkatan pada tanggal 17 November 2019, seluruh peserta di beri pembekalan kerohanian dan kesiapan mental yang langsung di sampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yang mana inti dari pembekalannya adalah semua peserta didik adalah Juara, apapun yang nanti akan didapatkan dari hasil kegiatan Pesta Sains Nasional itulah yang terbaik buat kita semua, tetap semangat walaupun masih belum mendapatkan hasil yang maksimal, dan mendo’akan semoga perjalanan kita bisa kembali ke kampus SMA AL MUTTAQIN dengan selamat dan mendapat ridho dari Allah SWT.

Pemberangkatan di mulai pukul 21.00 WIB dengan menggunakan armada Do’a Ibu seteah melakukan absensi dan semua peserta siap berangkat. Rombongan tiba di Bogor di Kampus IPB tepatnya sekitar pukul 03.30 tepatnya langsung menuju Masjid Alhurriyah IPB, semua peserta berkemas untuk mempersiapkan Sholat subuh berjamaah.

Di Hari pertama Pelaksanaan PSN semua peserta memulai kegiatan dari Masjid Alhurriyah dengan Sarapan pagi dan bersih-bersih diri sambil mengganti pakaian seragam PSAS untuk mengikuti acara pembukaan PSN. Pembukaan PSN itu sendiri di laksanakan di gedung GW (Graha Wdiya Wisuda), pada saat tiba di GWW seluruh peserta di bagi berdasarkan dengan mata lomba yang diikuti, kegiatan yang diikuti di hari pertama adalah Pembukaan, Sambutan dan Peresemian Acara, Pemberian Plakat Panitia, Techincal Meeting sampai menuju Dzhur, pelaksanaan Sholat Dzhur dan makan siang semuanya di mobilisasi oleh panitia PSN.  Setelah menunaikan sholat dzuhur secara bersajamaah dan makan siang, saat inilah yang lumayan membuat kepala agak pusing-pusing karena pada kesempatan ini semua kemampuan harus di keluarkan demi mempertaruhkan nama baik SMA AL MUTTAQIN Kota Tasikmalaya, yang mana pelaksanaan lomba ini di mulai dari dari pukul 13.30 s.d 15.30 untuk semua mata lomba. Kegiatan hari pertama pada sesi terakhir ini di tutup dengan info-info penting yang berkaitan dengan lomba diantaranya pelaksanaan pengumuman peserta yang lolos ke sesi semifinal dan final akan di umumkan di hari ke dua tanggal 19 November 2017 Pukul 08.00 WIB, namung semua peserta sudah harus berada di GWW pukul 07.00 sebagap pra kondisi kegiatan.

Menjelang sore di hari pertama, seluruh rombongan istirahat di Hotel Duta Berlian, yang mana lokasi hotel tidak jauh dari lokasi kampus IPB, dengan suasana yang tenang dan nyaman untuk mempersiapkan fisik agar lebih fit untuk menghadapi di hari ke dua.

Waktu istirahat berlalu begitu cepat dengan ditemani suasana yang sejuk tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 03.00, teman-teman semuanya di kondisikan untuk mempersiapkan diri melaksanakan sholat subuh secara berjamaah, walaupun alhamdulilah mushola yang disediakan tidak terlalu luas namun cukup menampung sholat subuh secara berjamaah, karena di hotel yang ditempati peserta yang mengikuti PSN tidak hanya dari SMA AL MUTTAQIN saja, ternyata ada yang dari SMA di Badar Lampung, Jepara dan kota lainnya, jadi meskipun suasana istirahat namun suasana kompetisi terasa sampai hotel.

Kegiatan di hari kedua setelah sarapan pagi dan berkemas untuk chek out dari hotel, adalah kegiatan yang sangat menegangkan karena di hari kedua ini adalah penentuan peserta yang lolos ke Babak semifinal. Seperti halnya kegiatan di hari pertama semua peserta berkumpul sesuai dengan mata lomba masing-masing untuk memasuki gedung GWW yang langsung di pandu oleh Panitia.

Dari hasil pengumuman yang didapat dari 8 Mata Lomba yang diikuti ada 3 Mata Lomba yang masuk ke babak semifinal yaitu mata lomba Metrik, Syara dan CC. Sedangkan dari 3 mata lomba dari semifinal ada 2 mata lomba yang masuk ke final adalah Metrik dan Syara. Pada babak Final inilah semua mata lomba sudah memperjuangkan semua kemampuan hanya tiniggal do’a yang diharapkan. Lomba dari sesi Semifinal sampai dengan final ini dimulai dari pagi hari sampai dengan pukul 15.00 menjelang sholat Ashar.

Perjalanan PSN tahun 2017 berakhir dengan motivasi untuk selalu lebih baik dari sebelumnya, alhamdulilah banyak hal yang didapat dalam pertempuran pesta sain nasional ini, yang mana adanya peningkatan prestasi peserta didik sebagai tolak ukur bahwa kedepannya SMA AL MUTTAQIN akan berjaya di Pesta Sains Nasional.  Yang pasti Buah yang dipetik hari ini bukan di tanam hari ini juga, namun buah yang dipetik hari ini ditanam dari masa lalu. Yang pasti kesempatan masih terbuka lebar unutk mendapatkan prestasi lebih baik lagi, terus bergerak, berjuang dan mencari ilmu sebagai bekal di dunia dan di akherat kelak. Amin ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *