Sembilan Pondasi Unggulan Almuttaqin

Salah satu tugas super tim adalah mengawal apa saja yang menjadi standarisasi keunggulan sekolah

Ketika awal berdiri, SMA Al Muttaqin oleh penggagasnya, H.E. Mahfud, owner Mayasari group bersama sang Istri Hj. Siti Muniroh,  di dorong agar mampu menjadi sekolah unggul. Unggul dalam arti mampu meluluskan ke perguruan tinggi papan atas, serta unggul dalam kesholehan akhlak/perilaku, serta menebar manfaat bagi lingkungan sekitar.

Al Muttaqin menjadi Sekolah Islam yang Unggul. Bagaimana keunggulan yang dibangun Al Muttaqin ? Kemdikbud d/h Kemdiknas, telah memiliki standarisasi sebuah sekolah unggul. Sesuai dengan pengertian dasarnya, sekolah unggul (effectife school) berarti sekolah yang memiliki kelebihan, kebaikan, keutamaan jika dibandingkan dengan yang lain, maka dalam konteks ini sekolah unggul mengandung makna sekolah model yang dapat dirujuk sebagai contoh bagi kebanyakan sekolah lain karena kelebihan, kebaikan dankeutamaan serta kualtas yang dimilikinya baik secara akademik maupun non akademik.

1. Masukan (input) yaitu siswa diseleksi  dengan menggunakan kriteria tertentu dan prosedur yang dapat dipertang-gungjawabkan. SMA Al Muttaqin memilki sejumlah tahapan test yang harus dilalui oleh setiap calon siswa baru. Yakni test administrasi raport semester 1 s/d 5. Test tulis IPA, Agama, Matematika, dan Bahasa Inggris. Selanjutnya test wawancara dan praktik ibadah, serta baca tulis alquran. 2. Sarana dan prasarana yang menunjang untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa serta menyalurkan minat dan bakatnya, baik dalam kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler. Sejak berdiri, komitmen yang dibangun oleh yaysan adalah dimilikinya gedung yang cukup refresntatif dan menunjang kenyamanan belajar dengan sarana minimal di tiap ruang kbm memiliki AC. 3. Lingkungan belajar yang kondusif untuk berkembangnya potensi keunggulan menjadi keunggunglan yang nyata baik lingkung fisik maupun social-psikologis.

Lingkungan sekolah yang baik salah satunya diwujudkan dengan keberadaan sarana ibadah yang refersentatif, yakni Masjid Sirojam Muniro. Masjid ini dijadikan basis pembinaan akhlak dengan pentradisian budaya sholat berjamaah. Selain itu suasana lingkungan belajar diciptakan enjoy dengan suasansa yang bersih, memiliki kantin yang sehat. 4. Guru dan tenaga kependidikan yang menangani harus unggul baik dari segi penguasaan materi pelajaran, metode mengajar, maupun komitmen dalam melaksanakan tugas.

Hampir semua guru SMA Al Muttaqin mengajar sesuai latar belakang pendidikannya. Memiliki prestasi akademik yang baik ditandai dengan IPK diatas rerata pada umumnya, bahkan cumlaude, beberapa diantaranya mereka adalah lulusan terbaik tingkat jurusan, fakultas, hingga universitas. 5. Kurikulum dipercaya dengan pengembangan dan improvisasi secara maksimal sesuai dengan tuntutan belajar peserta didik yang memiliki kecepatan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa seusianya. Al Muttaqin mengembangankan kurikulum plus. Yakni muatan keagamaan memiliki jam tambahan. PAI rerata menjadir 7 jam perpekan. Khusus kelas Sains Tahfidz ditambah jam untuk tahfidz quran. Tak hanya itu, bidang bahasa memiliki keunggulan dengan tambahan jam English conversation, dan juga TOEFL. Untuk sains, pada jam tertentu 6. Kurun waktu belajar lebih lama dibandingkan sekolah lain. Karena itu perlu ada asrama untuk memaksimalkan pembinaan dan menampung para siswa dari berbagai lokasi. Di kompleks asrama perlu adanya sarana yang bisa menyalurkan minat danbakat siswa seperti perpustakaan, alat-alat olah raga,kesenian dan lain yang diperlukan. Al Muttaqin dengan konsep fullday school memiliki jam KBM lebih lama. Rerata tiap hari 10 jam pelajaran. Khusus yang ingin memperdalam keagamaan, khususnya tahfidz, maka disediakan asrama berupa pondok pesantren. 7. Proses belajar mengajar harus berkulitas dan hasilnya dapat diertanggungjawabkan (accountable) baik kepada siswa, lembaga maupun masyarakat. Ada sejumlah keunggulan proses KBM yakni dengan adanya system evaluasi Try Out masuk PTN sejak kelas 11, Ulangan Komparatif sekolah unggulan di pulau Jawa, Bintap SNMPTNSBMPTN, Tahfidz Quran, dll. Semua program ini hasilnya dibuatkan laporan, sehingga setiap siswa SMA Al Muttaqin, menerima banyak laporan kompetensi/ raport. 8. Sekolah unggul tidak hanya memberikan manfaat kepada peserta didikdi sekolah tersebut, tetapi harus memiliki resonansi social kepada lingkungan sekitarnya. Baksos, Bedah rumah, menjadi salah satu momen filantropi bagi para siswa SMA Al muttaqin. Sehingga keberadaan Al Muttaqin terasakan oleh lingkungan sekitar. 9. Nilai lebih sekolah unggul terletak pada perlakuan tamban di luar kurikulum nasional melalui pengembangan kurikulum, program pengayaan dan perluasan, pengajaran remedial, pelayanan bimbingn dan konseling yang berkualitas, pembinaan kreatifitas dan disiplin. Test Kecakapan Khusus (TKK) Al Muttaqin Character Building (ACB) merupakan program unggulan SMA Al Muttaqin dalam bentuk test kemampuan dasar bodang keagamaan, skill khusus dasar dasar riset, juga pantauan hafalan dan pemahamahan alquran. Semuanya diramu menjadi TKK ACB Bintang 1 sd 6, sesuai jenjang semester setiap siswa. TKK menjadi bagian character siswa atau orientasi nilai-nilai kompetensi dasar yang dimiliki para siswa Al Muttaqin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *