Program Unggulan Kelas Sains Tahfidz

Sejak tahun akademik 2016-2017, SMA Al Muttaqin Fullday School Kota Tasikmalaya, membuka program khusus yakni kelas sains tahfidz.

Latar belakang pembukaan program ini, merupakan hasil kajian Tim Pengembang Sekolah (TPS)  bahwa SMA Al Muttaqin perlu ada terobasan inovasi program sekolah yang lebih kontributif bagi kemajuan ummat dan bangsa di masa depan.

Salah satunya adalah dengan penguatan sains berbasis alquran, kepemimpimpinan, dan kewirausahaan. Maka, lahirlah kelas Sains Tahfidz dengan pemodelam KBM dan kurikulum yang khas. Kelas Sains Tahfidz memiliki penguatan kurikulum pada sains dan tahfidz. Sains berasal dari kata scientia yang berarti pengetahuan (knowledge) yang merupakan ilmu murni.  Sains adalah ilmu yang dapat diuji atau dapat dibuktikan kebenarannya, berdasarkan kenyataan (seperti fisika, kimia, dan biologi). Tahfidz berasal dari kata hafadzo yang berarti menjaga. Tahfidz termasuk kepada mashdar yang berarti menjaga dengan sangat. Adapun makna yang dimaksud disini adalah menghafal al Qur’an.

Melalui tahfidz, dibangun nuansa yang lebih komprhensif terhadap alquran yakni,  haamilil  Qur’an. Yakni (1) Orang yang mengamalkan al Qur’an baik dalam bentuk pengamalan maupun pengajaran, (2) Penghafal al Qur’an, (3) Pembaca al Qur’an, (3) Yang mempelajari al Qur’an, (4) Senang Mendengarkan al Qur’an, (5) Cinta terhadap al Qur’an, (6) Orang yang membesarkan al Qur’an.

Kelas Sains Tahfidz Sebagai program untuk memperkuat pemahaman dasar-dasar sains yang akan dikembangkan di perguruan tinggi sebagai bentuk tanggungjawab bagi kemaslahatan ummat dengan dilandasi pemahaman, hafalan, dan pengamalan ayat-ayat alquran.

Sementara itu, Orientasi / Golden Goal program ini adalah Melahirkan outcome SMA Al Muttaqin Fullday School bagi perguruan tinggi center of excellent di Indonesia khususnya, yakni lulusan yang menguasai dasar-dasar sains dan teknologi secara lebih baik dibanding lulusan SMA pada umumnya. Selain itu, siswa lulusan memiliki hafalan quran 2 s/d 5 juz serta ayat-ayat alquran tentang ilmu pengetahuan alam dan sosial humaniora.

Sedangkan Karakteristik lulusan yang diharapkan (1) Hafal alquran minimal 5 juz, (2) Hafal dan memahami ayat-ayat pilihan tentang sains dalam alquran, (3) Menjadi aktivis/tokoh mahasiswa  perguruan tinggi unggulan, (4) Diterima pada perguruan tingi center of excellence, (4) Terbiasa dengan karya tulis ilmiah Guna mewujudkan orientasi/ goal tersebut, maka telah dirancang program unggulan di kelas sains tahfidz.

Pertama, Intergasi Kurikulum Nasional dengan Kurikulum Khas Al Muttaqin Kurikulum yang diterapkan di Kelas SainsTahfidzSMA Al Muttaqin mengacu kepada Kurikulum nasional dan kurikulum yang dikembangkan di lingkungan pendidikan LPI Al Muttaqin. Kurikulum LPI yang dikembangkan adalah kurikulum tahsin – tahfidztafhim, ayat  alquran pilihan serta pengetahuan hadisthadist arbain. Kurikulum nasional yang dikembangkan adalah K13 dengan pilihan Peminatan MIPA dengan tambahan jam KBM sesuai kelompok studi perguruan tinggi rumpun kesehatan dan teknik. Jika siswa dominan memilih rumpun kesehatan, maka maple yang ditambah jam KBM nya adalah biologi dan kimia. Namun, jika siswa dominan memilih teknik, maka jam KBM yang ditambah adalah Fisika dan Matematika.  Sistem KBM menggunakan system blok (semi SKS) untuk mata pelajaran selain mata pelajaran rumpun agama dan eksak. Sehingga beban mempelajari Alquran dan bidang eksak lebih terbuka jam pelajarannya.

Kedua, Pembudayaan Multi Language Kelas Sains-Tahfidz merancang pembudayaan sistem Multi Language (Indonesia dan Inggris) dalam KBM. Dengan penerapan ini siswa akan memiliki self confidence ( percaya diri ) dan kesiapan dalam melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik nasional maupun internasional. Dengan mengusai multi language tersebut, siswa mampu melakukan analisa dan memahami lebih luas referensi yang ada dengan bentuk Library Research and Field Research. Untuk penguatan multi language, SDM guru dan siswa kelas Sains Tahfidz, mengikuti matrikulasi bahasa selama satu bulan penuh dan evaluasi program peningkatan kemampuan bahasa Inggris bekerjasama dengan lembaga pendidikan bahasa Inggris di Pare Kediri.

Ketiga, Bimbingan Pemantapan Studi Lanjut. Setiap siswa di Kelas Sains-Tahfidz SMA Al Muttaqin memiliki kesempatan lebih luas untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi unggulan nasional dan mancanegara. Setiap siswa disiapkan secara intensif ( Spiritual, emotional and knowladge ) untuk melanjutkan perguruan tinggi unggulan  melalui best process di Al Muttaqin. Salah satunya diorientasikan setiap siswa pernah mengikuti lomba akademik nonakademik yang diselenggarakan perguruan tinggi unggulan nasional, Intensif TOEFL dengan bekerjasama secara berkala dengan UPI/ ITB.

Keempat dirancang adanya Project and Science Fair Program ini merupakan bentuk wadah untuk mengapresiasi hasil karya siswa Setiap siswa didorong untuk menghasilkan proyek ilmiah dalam bentuk “Product Research” yang berguna bagi pengetahuan. Oleh karena itu, di Kelas sains-Tahfidz, ekskul KIR menjadi ekskul wajib dan masuk mauatan KBM sistem blok di kelas 10. Selain “product reaserch”, kelas sains-tahfidz setiap semester didorong untuk menumbuhkan budaya akademik melalui proyek Seminar Siswa Prestatif dengan tema dan narasumber sesuai dengan zeitgeist semangat zaman, fenomena remaja k o n t e m p o r e r dikaitkan dengan fiqh/ aqidah.

Kelima Program Matrikulasi Program ini dilaksanakan dengan memberikan basic keilmuan sehingga siswa memiliki kesiapan dalam mengikuti kurikulum nasional plus yang dicanangkan Kelas SainsTahfidz. adapun bentuk program berupa:

  1. Foreign Language Matriculation (Matrikulasi Bahasa Asing).
  2. Islamic Matriculation (Matrikulasi tuntunan praktik ibadah yang benar, tahsin Al Quran)

Desain Kurikulum Sejak dibuka tahun 2016-2017, kurikulum kelas sains tahfidz di desain menganut prinsip (1) Spesific: Jelas, (2) Measurable : terukur, (3) Achiavable: bisa tercapai, (4) Result Oriented: berorientasi pada hasil, (5) Time Bound: mempertimbangkan ketersediaan waktu Berdasarkan prinsip tersebut telah dibuat suatu analisa sistem tentang pemodelan kurikulum di kelas sains dan tahfidz antaranya Jumlah jam Alquran perpekan 15 jam, Dibuatkan materi tambahan berupa (a) Karya tulis ilmiah, (b) English conversation, (c) Kapita selekta ayat alquran tentang sains, (d) Tambahan jam pada mapel mafikibi Dengan tambahan jam muatan khas, maka koneskuensi dari jam KBM di kelas sains tahfidz adalah bertambah. Oleh karena itu ada jam tambahan khusus dengan sebutan jam SKS, Sistem Kredite Semester yakni sejumlah mata pelajaran yang disajikan dengan tugas terstruktur dan tatap muka yang dipadatkan. Dengan desaian dan beragam keunggulan program, kelas sains tahfidz memiliki nilai plus dan mampu menghasilkan lulusan sebagai outcome bagi perguruan tinggi dengan dasar-dasar pemahaman sains dan hafalan alquran yang lebih baik dan di atas rerata pada umumnya siswa lulusan SMA.  ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *