The Show Must Go On

Iwan Irawan, S Pd., M.Pd.

Beginilah awal cerita striker kesebelasan AMQ. Mengapa tidak? Di masa pandemi Covid 19 ini kebijakan strategis harus diciptakan untuk membuat peluang goal. Hasilnya, 70% lulusan SMA Almuttaqin Tasikmalaya tahun 2020-2021 kemarin masuk perguruan tinggi negeri favorite. Selebihnya, terdaftar di sekolah ikatan dinas, perguruan tinggi swasta, bahkan ada yang ke luar negeri.

Tentu, prestasi ini adalah kerja tim yang kompak, dari pemangku kebijakan, pelaksana kebijakan, partisipasi peserta didik, dan masyarakat yang peduli dengan kemajuan pendidikan, dalam hal ini komite sekolah dan orang tua siswa. The Show Must Go On, bukan sekadar judul lagu grup band Queen asal Inggris, melainkan kinerja yang memancar dari situasi memprihatinkan di masa pademi Covid 19.

Kita tahu, Covid 19 masuk ke Indonesia di awal Januari, dan menjadi episentrum dan klaster di bulan Maret. Kita ingat bahwa saat itu pembelajaran diubah menjadi jarak jauh demi memutus rantai penyebaran Covid 19 karena wabah ini cepat menyebar di kerumunan dan keramaian. Kita kenang angkatan 2020 sebagai angkatan yang tidak mengalami Ujian Nasional. Bahkan, mereka mesti pamit undur dari sekolah dengan hanya melalui tatap muka virtual dengan aplikasi teleconference.

Salah satu leading sector yang ikut terpapar dampak pandemi Covid 19 adalah guru pengampu bimbingan dan konseling. Meski dengan roman muka seperti innocent, Sang Guru BK tetap bersemangat menggoalkan alumni SMA AMQ menuju jurusan dan perguruan tinggi idamannya. Dialah Iwan Irawan (32 th). Nama yang sangat Nyunda karena mengulang unsur bunyi akhir ini memang mengingatkan kita pada nama Rhoma Irama. Sang Guru alumnus Jurusan Bimbingan Konseling, UPI.

Ibarat striker kesebelasan sepak bola, Sang Konselor siap mendampingi peserta didik dengan berbagai strategi permainan untuk masuk melalui berbagai jala, bisa SNMPTN, SBMPTN, UM PTN, dsb. Permainan tetap berlanjut di tahun 2021, pertunjukan tidak boleh berhenti. The Show Must Go Onujarnya dengan tangan terkepal. (NZ)