July 31, 2015

Ekstrakulikuler

Labkom SMA Al-Muttaqin

Lab Komputer SMA Al-Muttaqin

Eskul atau Ekstrakulikuler wajib dimiliki oleh masing-masing peserta didik Al Muttaqin. Eskul ini diantaranya, Jurnalistik, KIR, Nasyid, Basket Ball, Volley Ball, Bulu Tangkis, Futsal, Tataboga dan ICT.

  1. ICT “G-TECH”
    Sebuah ekskul yang paling “ngalem” namun punya prestasi tersendiri dan keren-nya, mereka punya sumber penghasilan sendiri. Ekskul ICT ini sudah lama didirikan dan dari tahun ke tahun mengalami perkembangan, puncaknya mungkin adalah tahun lalu, dimana ekskul ini mengirimkan 3 orang untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat Kota dan Alhamdulillah ke-3 nya masuk ke Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi, sebuah prestasi yang membanggakan.Tapi bukan hanya itu, ekskul ini juga membawakan beberapa Piala Juara 1 dari berbagai macam perlombaan, beberapa diantaranya adalah LCT Komputer di Universitas Negeri Siliwangi, LCT Komputer di DCI dan beberapa lainnya.Dalam ekskul ini yang dibahas adalah programming dan design, jadi bagi kalian yang ingin memperdalam ilmunya dalam PHP, JAVASCRIPT, SQL dan hubungan antara ketiganya juga HTML dan CSS nya, tidak lupa Pascal dan Delphi sebagai dasar dari pemrograman nya, untuk design nya yang dipelajari adalah CorelDRAW, jadi bagi kalian yang suka dalam design bisa masuk ke sini.Dengan teknik self-study dan problem-solving yang unik membuat kita tertantang untuk memecahkan masalah yang ada, tentunya dengan konsep sharing ilmu dengan teman seperjuangan juga. Pembimbingnya juga asik, gk sia sia deh masuk ekskul ini buat yang serius memperdalam ilmu programming dan designing nya. p.s. join juga “AMQHunter” nya :D.
  2. Jurnalistik Q-Smart
    Pesona eskul ini semakin hari semakin eksis dalam dunia jurnalistik. Q-Smart yaitu media pelajar cerdas yang aktif dalam kegiatan tulis menulis di setiap surat kabar. Eskul ini berdiri tahun 2004, dibimbing oleh Wakasek Kurikulum Bapak In-In Kandarsolihin.Di eskul ini, kita dilatih bagaimana menulis yang baik. Tidak hanya itu, kita juga dapat mewawancarai tokoh-tokoh hebat. Q-Smart telah mewawancarai Walikota Tasikmalaya (2007-2012) Bapak H.Syarief Hidayat, M.Si,. Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Bapak Dedi Mizwar dan H.Ahmad Heriawan, Abu Sangkan, Prof. Kim Ho Yung Kedubes Korea, Bupati Tasikmalaya Bapak H.Uu, Rektor UI, Rektor ITB, Gubernur BI Tasikmalaya, J-Rock, Humas Kapolresta Tasikmalaya, Ibu Ani Yudhoyono, Jubir Presiden, Bapak Dahlan Iskan Menteri BUMN, dan tokoh nasional lainnya.Tidak hanya itu, Q-Smart juga sering mengikuti lomba-lomba jurnalis seperti lomba mading. Oh ya, Q-Smart rutin menerbitkan buletin setiap bulannya dan semoga tabloid AMQ pun tiap semesternya. So, buat kamu yang suka nulis dan cuap cuap kami tunggu yaaa…
  3. KIR IQRA
    SMA Al Muttaqin punya ekskul Karya Tulis Ilmiyah Remaja yang sering meneliti-meneliti. KIR IQRA singkatan dari Association of Al Muttaqin Research Activity. Eskul ini bukan hanya milik anak eksak saja, tapi anak sosialpun biasa melakukan penelitian dan berkecimpung di ekskul KIR ini.Masuk ekskul ini seru banget karena penelitiannya tidak hanya dilakukan diruangan saja kita bisa meneliti keberadaan tempat di alam terbuka. Penelitiannya juga bermacam-macam.Tiap tahunnya KIR IQRA jadi delegasi perkemahan se-Indonesia dan alhamdulillah tahun sekarang tepatnya tanggal 7-14 September perkemahan ilmiyah remaja nasional (PIRN) bertempat di Wakatobi, Sulawesi. Dan ekskul KIR ini eksis mengikuti lomba penelitain ilmiyah remaja (LPIR).Ayo ikutan ekskul KIR rame banget, dan gak bakal nyesel buat bekal nanti.
  4. Nasyid
    Tahun 2008 lalu, ekskul da’wah sambil bernyanyi ini baru berdiri dan langsung membentuk dua grup nasyid Hadra akhwat dan Black ikhwan. Namun, karena harus ada regenerasi kini dibentuk lagi grup nasyid Khansa oleh akhwat angkatan 6. Tim nasyid
    AMQ ini sudah sering mengikuti berbagai macam lomba dan sering tampil di acara-acara sekolah.Jika ingin bergabung dengan grup nasyid harus mengikuti seleksi terlebih dahulu, tapi masuk ekskul nasyid tidak ada seleksi seleksian langsung bergabung saja. So, buat kamu yang suka nyanyi yang ada unsur berda’wahnyah, jangan banyak mikir lagi buat ikut ekskul nasyid.
  5. Basket Ball
    Katanya sih paling keren? Tapi belum bisa menunjukan taringnya. Sama halnya dengan futsal, ekskul olahraga ini cukup diminati. Kejuaraan O2SN menjadi ajang tahunan yang wajib diikuti tim basket. Ekskul ini dilatih oleh mantan anggota timb basket UPI yang sekarang menjadi guru olahraga AMQ.Meskipun latihannya tidak terlalu sering, tapi selalu melakukan pertandingan-pertandingan persahabatan juga. Jadi, mau gabung dengan anak keren AMQ?
  6. Volley Ball
    Yang mengikuti ekskul olahraga ini kebanyakan cewe, jadi tim cowonya bubar karena terlalu sedikit. Namun bila dari 2 tahun ini peminat banyak, mengapa tidak diadakan lagi? Tapi meskipun sedikit, ekskul ini tetap eksis mengikuti berbagai perlombaan. Tidak tanggung-tanggung pelatih terbaik di Tasik mereka datangkan. Buat kamu yang berminat, hubungi nama kapten sang kapten tim nya.
  7. BuluTangkis
    4 tahun lalu, ekskul bulu tangkis baru di bentuk. Karena peminatnya cukup membludak. Latihannya tidak dilaksanakan di sekolah. Tapi di salah satu Gor yang letaknya tidak jauh dengan sekolah. Dalam O2SN 4 tahun kemarin, banyak delegasi AMQ yang lolos dari babak penyisihan. Yaa..lumayan membanggakanlah. Kadang Pak Aep SaepullohS.Pd.I. sering dating untuk bermain.
  8. Futsal
    Ekskul yang paling banyak diminati anak cowo ini, tidak pernah absen mengikuti berbagai lomba meskipun belum mencicipi juara. Hehe Semangat Terus! Tapi mereka tetep membuktikan eksistensinya. Biasanya mereka rutin berlatih 3x sehari tiap minggunya di KS Futsal Stadium. Tiap bulannya selalu diadakan pertandingan persahabatan sebagai tolak ukur kemampuan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *