Membaca dengan Telinga Mendengar Memakai Hati

Jajak pendapat menentukan guru pilihan berlangsung secara spontan. Namun didalamnya penuh makna, suara siswa adalah suara harapan masa depan

Pelaksanaan kegiatan Teachers Day Award di SMA Al Muttaqin bukan sebagai rutinitas tahunan semata dalam rangka memperingati hari guru nasional. Tetapi lebih kepada pencarian makna refleksi guru-guru dalam meningkatkan kualitas KBM. Selain itu juga ada aktualisasi potensi siswa dalam bentuk lomba berbasis literasi, juga apresiasi terhadap sumber daya kependidikan non guru.

Aktualisasi potensi melalui lomba menulis best practice atau esey bagi guru, lomba menulis bagi siswa, dan juga penilaian kinerja sumber daya kependidikan SMA Al Muttaqin. Untuk penilaian ada dua pola, yakni pola jajak pendapat dan pola unjuk kinerja di lapangan. Tahun ini ada sejumlah perubahan dalam menentukan kandidat atau kriteria kategori.

Termasuk didalamnya  dalam penilaian sudah menggunakan real time, jajak online. Pada Teachers Day tahun lalu, siswa memilih person guru yang disukai berdasarkan kategori yang ditetapkan. Siswa memilih seorang guru. Namun pada   tahun ini, seorang siswa memberi penilaian terhadap semua guru yang mengajar dikelasnya saja. Jadi seorang siswa itu memberi penilaian kepada 18 guru yang mengajar di kelasnya.

Metode penilaiannya menggunakan skala likert 1-2-3-4. Dengan metode ini, diharapkan subyektifitas diperkecil seminimal mungkin. Langkahnya mulai dari pengisian angket yang terkoordinir/ tersentral dan  pemilihan online real time. Dalam form jajak pendapat menggunakan bantuan google form, kriteria lebih di detailkan tentang sosok guru yang layak dipilih.

Bukan hanya siswa yang memberikan penilaian, tetapi gurupun memberikan penilaian, yakni untuk kategori kelas kondusif. Sementara tim manajemen sekolah memberikan penilaian untuk guru pinilih.

Hasilnya ?. Luar biasa. Potret kualitas bapak ibu guru tercermin. Semua siswa yang diajar oleh guru yang bersangkutan memberikan penilaian. Jika guru mengajar di lima kelas misalnya, maka semua siswa yang diajar akan menilainya.

Ibarat membaca dengan telinga, mendengar dengan hati, semua isian jajak pendapat siswa mencerminkan kesungguhan kualitas KBM bapak ibu guru. Ada nuansa kebatinan yang terlahir dari hasil jajak tersebut. Suka tidak suka, bapak ibu guru harus pandai membaca suara hati siswa. Sebab, ibarat pepatah politik mengatakan Vox populi, vox dei., suara rakyat suara tuhan, maka suara siswa adalah suara harapan masa depan. Dari hasil jajak pendapat ini, bagian SDM akan merekapnya dan menjadi salah satu point pemberian raport guru versi penilaian siswa. Dan untuk penilain  kelas menjadi catatan khusus buat wali kelas.

Kategori Penghargaan

Teachers Day 2018, menyuguhkan empat kategori keompok kriteria jajak pendapat, yakni (1) My Beloved Teachers diisi siswa, (2) Guru Pinilih diisi tim manajemen, (3) Kelas Kondusif (diisi guru), (4) Wali Kelas (diisi warga Kelas).

Untuk My Beloved Teachers secara gari besar menilai KBM guru dalam sejumlah kategori, yakni (1) mudah dimengerti dalam menerangkan materi (2) Kaya Akan Metode Mengajar (3) Menguasai Materi KBM (4) Menunjukkan Sikap Disiplin (5) Perhatian Kesemua Siswa (6) menanamkan pembelajaran abad 21 (7) mendorong dan menginspirasi.

Kategori my beloved teachers ini kemudian dikerucutkan menjadi 3 kategori utama dengan sebutan The Best Peformance Teachers. Ada tiga kriteria dalam peforma guru ini, yakni (1) The Best Inspiring & Visionary Teachers, (2) The Best Dedicated Teachers, (3) The Best Performance in the Class.

Selanjutnya, Wali Kelas Pinilih. Kategori penilaiannya yang mengkombinasikan penilaian siswa, tim  manajemen sekolah. Ada angket online siswa, buku kewalikelasan, hingga peforma unjuk kinerja yang tampak dilapangan.

Penghargaan lainnya ada Kelas Kondusif. Berbeda dengan penghargaaan sebelumnya, penghargaan kelas kondusif dinilai oleh guru.  Setiap guru diberi hak suara untuk menilai kelompok kelas yang kondusif, seperti nyaman ketika KBM, antusias dalam KBM, tertib administrasi, hingga umpan balik yang bagus kepada guru ketika KBM ataupun di luar KBM.

Ada dua kategori untuk kelas pinilih i The most condusive class; suasana KBM yang nyaman dan antusia,  Sparkling Class; kelas yang tertib dan rapih. Sedangkan kategori Pamuncak ada kategori Guru Pinilih. Dalam kategori ini, supervisi akadamik dan kelengkapan administrasi mengajar menjadi slah satu parameternya.

Selain itu juga ada penilaian angket kinerja yang terdiri dari komponen Dedikasi Program Sekolah,    Etos Kerja, Kompetensi Sosial,  Al Muttaqin Character Character Building. Bentuk penghargaan lainnya adalah penghargaan khusus kepada staff TU dan Pramubakti. Ada kategori penilaian khusus dari tim manajemen. So… Teachers Day di AMQ, betul betul bukan rutinitas semata.

Tetapi sebagai upaya dan ikhtiar mewujudkan kualitas KBM yang berujung kepada berdaya guna dan berhasil gunanya KBM di Al Muttaqin, sehingga mampu mengantarkan peserta didik ke jenjang pendidikan tinggi center of excellent. (AMQ 02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *