SMA Almuttaqin Juara II Nasional Lomba Esai UNY

SMA Almuttaqin Tasikmalaya (16/11)  meraih juara II Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional yang digelar Jusuran Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada . Lomba esai kali ini bertema Pencegahan Hoax di Abad XXI.

Pada babak 1 (6/11) diadakan penyisihan yang diikuti ratusan SMA/SMK se-Indonesia. Peserta mengerjakan 50 soal dengan tes daring. Tim SMA Almuttaqin yang diwakili Umi Latifah Musfiroh (12 IPS 1), Jasmin Kamiliya Raudha (11 IPS 1), dan Mufti Sunan Alfarabi (11 IPS 2) menempati peringkat I dengan point 735 dari total poin 750.

Babak semifinal diikuti oleh 19 tim. Dalam Babak ini setiap peserta diwajibkan membuat esai bertema Pencegahan Hoaz di Abad XXI. Tim SMA Almuttaqin mendapat point 79 dari total poin 100 dan melaju ke babak final yang menyisakan 10 tim.

Dalam babak final, kesepeluh tim mempresentasikan esai yang telah dibuat. Hasilnya, tim SMA Almuttaqin menduduki juara II dengan total point 548,4. Sementara juara I diraih MAN 1 Blitar dan juara III SMAN 1 Depok. selain mendapat predikat juara II, tim juga meraih predikat sebagai Best Score dengan total point 488,4.

Menurut Fitri Nur Millah, S.Pd., selaku pembina tim, kegiatan ini dilakukan untuk memotivasi peserta didik SMA Almuttaqin dalam berkompetensi dan berkompetisi dalam keilmuan. Sementara Kepala Sekolah  Jenal Al Purqon, S.Pd., M.Pd. mengharapkan bahwa berbagai lomba yang diikuti oleh sekolah adalah misi sekolah untuk mencapai visi SMA Almuttaqin Tasikmalaya sebagai Sekolah Para Juara.  (NZ)