Jurnal Kandidat Guru Penggerak

Rajab Spesial 1442 H

(Finishing Buku, Berjumpa Dai Kondang, Tes Calon Asesor Penggerak dan Shaum Ayyamul Bidh)

Finishing Buku “Berkah Cinta dalam Mendidik”

 

Coming soon bahasanya anak muda mah, Insya Allah buku tersebut akan segera terbit minimal untuk kalangan Al Muttaqin. Buku tersebut akan disuguhkan kepada seluruh rekan pendidik teman seperjuangan yang turut mencerdaskan kehidupan bangsa dan seluruh masyarakat dengan rincian isi sebagai berikut :

Titah Cinta Yang Maha Kuasa

Kata Pengantar

Salam Pengantar

  1. Landasan Berkah Cinta dalam Mendidik -9
  2. Generasi Emas -29
  3. Mendidik dengan Cinta -27
  4. Realisasi Mendidik dengan Cinta -33
  5. Cinta Kepada Allah -43
  6. Kelas Cinta -49
  7. Tebarkan Benih Cinta -59
  8. Ayat-ayat Cinta -64
  9. Serba-serbi pada Alumni -71
  10. Meski Lelah bila denga Cinta jadi Lillah -88
  11. Penutup 94

Lembar Literatur

Profil Penulis

Berjumpa Dai Kondang

 

Pada waktu itu jumat 7 Rajab 1442 H bertepatan 19 Februari 2021, sehabis rapat verifikasi PPDB SMA Al Muttaqin saya bergegas menuju Mesjid Agung untuk menunaikan ibadah jumat dan setelahnya persiapan mengikuti pertemuan awal Targeting Selection Interview (TSI) Calon Asesor Sekolah Penggerak via zoom. 

Seusai jumat (dari lantai 2) tiba-tiba terdengar suara khas yang tidak asing (saya kenal suara tersebut suara Ust. Ahmad Al Habsyi) penasaran saya merekam tausiah beliau dan pinda ke bagian tengah lantai 2 mesjid Agung,  Subhanallah … ternyata iya beliau yang sedang bicara adalah Ust. Kondang Ahmad Al Habsyi, terus turun ke lantai 1 dan keluar mesjid karena mau zooman, Qadarullah di balik pintu ada seseorang berdiri sambil menawarkan buku karangan Ust. Ahmad Al Habsyi (Pa silahkan miliki buku ini infaqnya seratus ribu dan bisa tanda tangan pada buku juga bisa selfi sama Al Ustadz) tidak pikir panjang saya langsung mengambilnya dan mendekat kepada Ustadz. Kegembiraanku bertambah karena bisa bershilaturrahmi langsung beliau dan bercakap Bahasa Arab.

Pokoknya riang gembira karena bertemu Ust. yang masyhur meski sesekali nyimpan laptop di mimbar karena ingin tanda tangan dan photo bersama beliau.

Buku yang dia tulis adalah Ada Surga di Rumahmu (7 keajaiban orang tua Cara Cepat Sukses Dunia Akhirat) pokoknya bagus isi buku tersebut dan akan diangkat ke layar lebar Insya Allah.

Tes Calon Asesor Penggerak

 

Tes Calon Asesor Penggerak merupakan tes lanjutan setelah melalui seleksi ketat bahkan superketat dengan rincian tahapan

  1. Tahap 1, jumlah penyampai berkas ke Panitia GTK Kemdikbud sebanyak 8.126 (kompetitor pendaftar Strata 1, DR bahkan sampai Profesor) dan diambil 450 orang untuk mengikuti tahap berikutnya.
  2. Tahap 2, yaitu tahap cukup mendebarkan (إن شاءالله lolos), diuji kompetensi cara wawancara dan menilai simulasi mengajar selama 5 hari full dan kehadiran harus 100 %, pengalaman berharga dan bergengsi ini diakhiri dengan uji simulasi mengajar yang disuguhkan video kandidat guru penggerak dengan cara praktik penilaian thd ybs dengan 4 kompetensi, nilai dikirim via google form ke Panitia.  Asli pengalaman mendebarkan ini berakhir hari jumat pukul 14.00 WIB.
  3.   Shaum Ayyamul Bidh

Shaum Ayyamul Bidh ini Alhamdulillah tak terlewatkan sejak setahun kebelakang (walau ada acara besar apapun baik diklat maupun undangan pernikahan ataupun tugas membimbing siswa ke luar kota) dengan ijin Yang Maha Kuasa lancer jaya dapat dilaksanakan, kok bisa … pasti bisa jika nawaetunya kuat.  Ayyamul Bidh yang jatuh pada 13-15 Rajab tahun ini masih bertepatan dengan tes tahap 2 yaitu pada hari kamis dan jumatnya, Alhamdulillah dapat dilaksankan dengan tenang dan santai.

Empat aktkvitas besar tersebut Alhamdulillah lancar dan aman, makanya momen atau kesempatan emas tersebut disebut Rajab spesial dan amat langka serta tidak akan pernah terulang kembali. Terimakasih Umi dan keluarga serta handai taulan yang senantiasa memberi dukungan positif ini semoga menjadi amal saleh dan Allah memberikan yang terbaik buat mereka.

Semangat semuanya jangan takut, ragu bahkan bimbang sesungguhnya Yang Maha Segalanya Allah swt. pasti menyertai Kita dalam hal apapun jika ikhlas dan maksimal menjalankannya.                            

Wallahu Waliyu Taufiq