SMA Almuttaqin Dan LIPI Gelar Pelatihan Karya Ilmiah Remaja

SMA AMQ | Tasikmalaya (29/03/2021)–Tahun ini SMA Almuttaqin Tasikmalaya menjadi salah satu dari lima sekolah di Indonesia terpilih untuk menyelenggarakan Program Pelatihan Karya Ilmiah Remaja. Program digagas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di tahun 2021.

Pelatihan digelar Senin-Rabu (29-31/03/2021) di Kampus SMA Almuttaqin, Jalan Ahmad Yani 140 Kota Tasikmalaya dengan daring. Hari pertama pembukaan dikenalkan visi dan misi kegiatan dari nara sumber LIPI, pengenalan struktur, pembuatan proposal, dan penugasan membuat proposal kegiatan.

Peserta terlibat sejumlah 95 dari berbagai tingkat satuan pendidikan di Kota Tasikmalaya dan sekitarnya. Peserta didik yang terlibat dari 25 sekolah, yakni SD 1, peserta SMP/MTS 13, dan SMA/MA 11. Untuk tingkat SMA/SMK/MA, siswa IPA sejumlah 31 dan siswa IPS sejujlah 28. Sementara guru pembimbing terlibat sejumlah 36. Mereka antusias mengikuti karena menghadirkan nara sumber yang kompeten di bidangnya.

Kepala SMA Almuttaqin, Drs. Jenal Al Purkon, M. Pd., mengatakan bahwa kegiatan berharga ini sesuai dengan visi SMA Almuttaqin yang sedang menggagas program kelas sains dan tahfiz. Pengenalan dini kegiatan ilmiah menjadi bekal siswa di jenjang kuliah.

“Tasikmalaya memiliki tradisi keilmuan yang kuat. Apalagi, dari dulu tradisi keilmuan pesantren sangat erat dengan belajar sepanjang hayat. Suatu kesempatan berharga untuk pendidikan di Tasikmalaya dapat berguru pada LIPI”, tambahnya.

Hari ini memasuki hari kedua kegiatan melanjutkan pembimbingan peserta yang telah diberi tugas. Agenda acara secara rinci sebagai berikut ini.