SMA Al Muttaqin Raih Medali Kompetisi Sains Indonesia (KSI)   dan Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI)   Tahun 2021.

 


Oleh Yanti, M.Si

Tasikmalaya (12/02/2021) | Reporter Yanti. Penyunting Nizar M.–Tahun 2021 SMA Al Muttaqin Tasikmalaya kembali unjuk gigi.  Kali ini medali di Kompetisi Sains Indonesia (KSI) dan Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI) diraih kontingan SMA Al Muttawin.

Pada awal Februari Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) menyelenggarakan dua event, yakni Kompetisi Sains Indonesia (KSI) dan Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI).

Kompetisi Sains Indonesia (KSI) adalah sebuah event kompetisi yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dengan tujuan untuk memfasilitasi siswa agar berprestasi dan menjadi sarana evaluasi kemampuan siswa untuk mengembangkan kapasitas diri dan kompetensi secara mendalam.

Kompetisi ini dibuat untuk mendorong siswa tetap berupaya melakukan usaha pendidikan di tengah pandemi Covid-19. Diharapkan, dengan adanya kompetisi berbasis ujian online ini siswa tetap dapat belajar dan berprestasi di tengah kondisi pandemi ini.

Kompetensi Sains Indonesia dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2021 dengan jumlah peserta ± 3280 peserta. SMA Al Muttaqin yang diwakili oleh Yusup XI Mipa 3 meraih medali emas dan Najmi X Mipa 5 meraih medali perunggu. 

Event kedua yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) adalah Olimpiade Numerasi Dan Literasi Indonesia (ONLI).

Olimpiade Numerasi Dan Literasi Indonesia bertujuan untuk mengembangkan kapasitas diri dan kompetensi siswa secara mendalam, tidak sekadar penguasaan konten, tetapi juga memiliki kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu. 

Dengan diselenggarakannya event ini, diharapkan siswa Indonesia bisa mempersiapkan diri menuju AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia diikuti oleh ± 6810 peserta.

SMA Al Muttaqin yang diwakili oleh Yusup XI Mipa 3 meraih medali perak dan Najmi X Mipa 5 meraih medali perunggu. Diharapkan dengan diperolehnya medali ini, siswa menjadi bertambah semangat untuk terus belajar dan berkompetisi. Sesuai dengan slogan sekolah, yaitu belajar adalah ibadah dan prestasi adalah dakwah.